Perbedaan Antara Flu dan Pilek serta Sinusitis

Perbedaan Antara Flu dan Pilek serta Sinusitis

Perbedaan Antara Flu dan Pilek serta Sinusitisdesyifa.com – Pilek, flu dan sinusitis merupakan penyakit yang memiliki ciri atau gejala yang hampir sama, sehingga membuat penderitanya merasa kebingungan dan keliru dengan pengobatan yang seharusnya dilakukan. Ada sedikit perbedaan mengenai flu, pilek dan sinusitis, yang bisa anda jadikan pemecahan mengenai penyakit yang sekarang tengah anda alami. Untuk mengetahui lebih lanjut dan detail mengenai perbedaan gejala dari penyakit tersebut, perhatikan perbedaan berikut ini :

Pilek

Pilek merupakan infeksi saluran pernafasan bagian atas yang disebabkan oleh virus. Biasanya, gejala flu datang secara perlahan selama 1-2 hari bahkan bisa berlangsung hingga 4 hari. Dan perlahan akan semakin meningkat pada hari ke 5 sampai ke 7. Gejala utamanya yaitu sakit tenggorokan yang diikuti dengan hidung tersumbat.

Ketika hidung tersumbat, hidung akan dipenuhi oleh lendir bening selama 7-10 hari. Demam jarang terjadi pada pilek, hanya meningkatkan suhu badan.

Menurut Jordan josephon (direktur Newyork Nasal dan sinus center”) mengatakan bahwa pengobatan untuk pilek biasanya dengan melakukan perawatan suportif, cairan dan sup ayam”. Bila banyak cairan yang masuk, maka tubuh akan terhidrasi dan membantu mencairkan lendir sekaligus menghilangkan infeksi.

Flu

Gejala flu lebih banyak dibanding gejala pilek. Anda bisa membedakannya dari uraian berikut :

  1. Hidung tersumbat.
    Untuk menangani hidung tersumbat sangatlah mudah, yang perlu dilakukan hanyalah melakukan aktifitas simpel agar suhu tubuh anda kembali meningkat :

    – Melakukan olahraga ringan selama 1 menit tanpa henti. Anda bisa melakuan pushup, situp, jumping, jalan ditempat dsb, agar suhu tubuh kembali meningkat.
    – Menghirup uap air jahedapa mencairkan lendir sekaligus menghangatkan tubuh.
  2. Merasa lesu dan lemas.
    Anda sebaiknya lebih banyak beristirahat dan tidur dengan menggunakan selimut tebal
  3. Pilek dengan mengeluarkan cairan bening
    Untuk menanganinya cobalah berjemur pagi, selama 1 jam hingga kondisi badan benar-benar hangat. Sebaiknya anda hanya berjemur tanpa melakukan olahraga apapun
  4. Bersin
    Untuk merdakannya,ikuti cara berikut :
    Tekan bagian ujung atas hidung Anda dan tarik seakan Anda akan mencabut hidung dari wajah. Cara ini seharusnya tidak menimbulkan rasa sakit, hanya meregangkan tulang rawan hidung Anda untuk menghentikan bersin.
    Tiup hidung Anda! Jika Anda mengambil tisu dan meniup hidung saat merasa akan bersin, maka Anda tidak akan bersin. Dengan meniup hidung, Anda akan menyingkirkan semua benda yang mengiritasi hidung penyebab Anda bersin pada awalnya.
    Tekan titik di antara alis mata Anda. Titik ini adalah titik tekan yang seringkali digunakan untuk meredakan sakit kepala dan juga bisa digunakan untuk meredakan bersin. Dengan ibu jari dan jari telunjuk, cubit bagian di antara alis mata Anda hingga Anda merasa cukup mendapat tekanan.
    Sakit tenggorokan
  5. Cairan nasal menetes ke bagian belakang tenggorokan
  6. Demam
  7. Batuk
    Meski jarang, piilek dapat membuat penderitanya mengalami batuk ringan yang berlangsung hingga tiga sampai tujuh hari, baik dengan pengobatan atau tanpa pengobatan

BACA JUGA : 6 obat flu di apotik

Sinusitis

Penyakit sinusitis merupakan radang pada rongga sinus yang diakibatkan oleh virus dan bakteri. Penyakit ini bisa juga disebabkan oleh infeksi flu atau alergi yang terus meluas.

Sinusitis akan menimbulkan gejala diantaranya, hidung tersumbat disertai lendir yang berwarna hijau pekat. Lendir tersebut menandakan bahwa sel darah putih sedang bekerja untuk membasmi virus sinusitis

Selain itu, pasien sinusitis akan merasakan sakit kepala serta nyeri atau tekanan pada bagian wajah terutama didaerah sinus, seperti pipi, dahi dan mata. Umumnya, pasien akan mengenali gejala ini setelah dua atau tiga hari

Penyakit Sinusitis, biasanya akan membuat penderitanya kesulitan untuk tidur sehingga tubuh akan terasa lelah dan mudah lemas. Segera temui dokter, bila gejala tersebut bertahan lebih dari satu minggu.

Penyakit sinusitis, akan sangat berbahaya bila tidak ditangani sedini mungkin, karena bisa mengakibatkan komplikasi penyakit yang sangat berbahaya seperti asma dan meningitis. Hal ini disebabkan oleh infeksi sinus yang semakin meluas hingga kedaerah otak. infeksi pada otak akan mengakibatkan peradangan dan memicu munculnya penyakit meningitis yang sangat mematikan. (BACA : 5 obat sinusitis di apotik)

Perbedaan Antara Flu dan Pilek serta Sinusitis

Itulah artikel tentang Perbedaan Antara Flu dan Pilek serta Sinusitis yang bisa desyifa.com sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa membantu ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *